July 24, 2021
mendapatkan pekerjaan baru disaat pandemi corona (1)

Kena PHK? Ini Kiat-Kiat Dapat Pekerjaan Baru Saat Pandemi

BagivaMedia – Saat pandemi datang dan mulai ramai, kebanyakan orang ternyata malah bersifat denial dengan hal tersebut. Mengira bahwa pandemi corona hanya akan berlangsung sebentar. Likely 2 minggu, sebulan atau paling lama 2 bulan. Tapi apa yang terjadi? Malahan pandemi corona terus merebak dan ternyata gak kunjung selesai!

Ditambah lagi, banyak perusahaan yang akhirnya gulung tikar dan mem-PHK-kan karyawannya. Akhirnya banyak yang kehilangan pekerjaan dalam waktu yang cukup cepat. Pengangguran pun meningkat tajam. Kini, pertanyaannya, bagaimana agar bisa dapat pekerjaan kembali yang ‘katanya’ cari kerja ditengah pandemi ini jadi makin sulit?

Nah, salah satu dari rekan kami akan membagikannya untuk para pembaca setia bagiva media. Yuk simak terus dan semoga bermanfaat !

Tips Agar Dapat Pekerjaan Baru Ditengah Pandemi Corona

Tips dibawah ini bisa digunakan oleh siapapun yang sedang mencari pekerjaan. Dibuat berdasarkan pengalaman seseorang yang terkena PHK lalu dalam waktu dekat langsung mendapatkan pekerjaan yang baru dengan posisi yang krusial. Walaupun begitu, pastikan kiat-kiat ini dikerjakan dengan sebaik-baiknya dan tetap berpasrah diri karena segala rencana kita, Tuhan yang menentukan 🙂

1. Pastikan Posisi Yang Kamu Lamar Sesuai Dengan Keahlian Yang Kamu Kuasai

Well, dear. Bisa dibilang poin pertama ini paling penting sebelum kita melamar pekerjaan yang baru. Banyak banget yang salah kaprah ketika ingin melamar pekerjaan, mereka apply ke semua lowongan yang lagi buka tapi ternyata tidak sesuai dengan keahlian mereka. Akhirnya hanya membuang-buang waktu saja. Tidak efektif dan efisien.

Namun, poin pertama ini jangan dipandang terlalu “strict”. Tapi kita bisa melihat apakah lowongan yang ada masih satu linier dengan skill yang kita kuasai atau tidak. Tidak selalu harus sama. Atau paling minimal, kita mampu mengerjakan job desk nya. Dengan begitu, kita sudah menang 1 poin dalam melamar pekerjaan. Agar kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari interviewer dan uji coba dari user.

2. Pastikan CV Dibuat Dengan Sebaik Mungkin (Rapi, Jelas, Sesuai + Menarik)

Poin penting kedua adalah perihal CV. Tidak ada pakem bahwa CV harus dibuat seperti apa. Tapi CV yang kita buat harus memenuhi unsur kerapian, jelas, sesuai dan menarik ya dear.

Rapi = Penulisannya harus rapi menggunakan font yang mudah dibaca. Dan bahasa yang digunakan harus sopan dan penuh hormat.

Jelas = Jelas apa yang ingin kita sampaikan melalui CV tersebut dengan to the point dan tidak bertele-tele. Misal; identitas, pendidikan, pengalaman kerja, kata pembuka, kadang-kadang ada juga yang menulis gaji yang diharapkan.

Sesuai = CV yang kita buat harus sesuai dengan lowongan pekerjaan yang kita apply. Banyak sekali para pencari kerja karena saking frustrasinya (atau mungkin malas) sehingga CV yang digunakan untuk melamar ke banyak perusahaan sama semua. Ini hanya akan membuat waktu kita saja. Dan hal ini menyebalkan bagi HRD lho, dear. Bisa-bisa, yang seharusnya skill kamu sesuai dengan pekerjaannya, tapi karena CV nya berantakan jadi hanya dilewatkan saja oleh HRD.

Menarik = Ini juga tidak kalah pentingnya, dear. Pastikan pula bahwa desain dan penulisan CV kita ini menarik untuk dibaca-baca oleh HRD. Bisa dibilang, visual juga ikut bermain dalam hal membuat CV ini. Kalau kamu tidak lihay dalam hal mendesain CV secara mandiri, kamu bisa menggunakan website Canva.com untuk membuat CV yang menarik. Disana ada banyak template CV yang bagus dan bisa kita manfaatkan untuk membuat CV kita sendiri. Penggunaannya mudah karena tinggal drag & drop saja.

Nah kalau poin 1 dan 2 udah kamu lakukan dengan benar, kamu sudah menang 2 poin nih dear untuk mendapatkan pekerjaan baru dibanding mereka yang asal-asalan dalam melamar pekerjaan!

3. Gunakan 2-3 Situs Pencarian Kerja

Dunia digital sudah sangat dimanfaatkan oleh para HRD untuk mencari kandidat-kandidat baru. Begitu juga oleh para pencari kerja. Kita jangan ketinggalan dengan fasilitas luar biasa yang satu ini dear. Karena masing-masing orang bisa melamar pekerjaan dengan hanya duduk di kamar. Tapi bukan berarti semua menjadi lebih mudah. Tetap ada tips dan triknya. Apa itu?

Ya, kita bisa menggunakan 2-3 situs pencarian kerja sekaligus. Kenapa? Karena berbagai macam perusahaan membuka lowongan pekerjaan di berbagai platform. Dan dengan begitu kita bisa lebih banyak tau informasi tentang lowongan kerja. Terkadang, perusahaan A membuka lowongan hanya di situs A. Dan kita tidak pernah tau kalau perusahaan B (yang ternyata bisa lebih menerima kita) hanya membuka lowongan di situs B. Karena kita tidak mencari informasi lebih banyak di berbagai situs. Sayang, kan?

Lalu, situs pencarian kerja apa saja yang sekiranya oke untuk dicoba? Nah, kamu bisa coba mendaftar di 3 situs ini, dear !

Dari ketiga situs tersebut, semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sesuai pengalaman penulis, penulis telah melakukan apply ke belasan perusahaan di situs Glints.com dan langsung mendapatkan panggilan untuk interview. Tapi akhirnya apakah diterima? Ya. Diterima. Diterima oleh perusahaan, yang penulis lamar di situs JobsDB.com!

See? Andai penulis hanya melamar di satu situs pencarian kerja. Mungkin tidak akan mendapatkan kesempatan yang didapatkan dari situs lainnya, bukan? Jika hanya mengandalkan satu situs pencarian kerja, kita hanya akan frustrasi menunggu panggilan. Alangkah baiknya untuk terus bergerak dengan melamar melalui situs yang lain. Untuk membuka kemungkinan-kemungkinan lebih luas lagi.

Note: Pastikan mendaftar dan mengisi data dengan lengkap dan jujur. Seperti data diri, pengalaman kerja, keahlian, riwayat pendidikan dan lain-lain yang sekiranya bermanfaat bagi HRD.

4. Jangan Berhenti Asah Pengetahuan dan Gali Skill Lebih Dalam

At the end, semua tergantung kita sendiri dalam melanjutkan chapter kehidupan mencari pekerjaan ini. Dan poin keempat ini adalah langkah proaktif yang bisa membantu memudahkan jalan dalam mendapatkan pekerjaan impian kita. Menyedihkan ketika segelintir orang mengeluh tentang sulitnya mendapatkan pekerjaan tapi tetap malas untuk mengasah pengetahuan dan kemampuan.

Kalau kamu memiliki keahlian dalam membuat desain, kamu bisa membaca banyak referensi desain dari berbagai artikel untuk menambah wawasan kamu dan bisa menjadi bekal dalam mendapatkan pekerjaan baru yang berhubungan dengan desain.

Kalau kamu kuliah akuntansi dan ingin mendapatkan pekerjaan sebagai seorang finance/akuntan, pelajarilah banyak-banyak soal mindset seorang akuntan dan pelajari juga software akuntansi yang banyak bertebaran di internet.

Kalau kamu suka menulis dan ingin mendapatkan pekerjaan yang ada aktifitas menulisnya seperti copywriter, content writer atau digital marketing, maka asahlah pengetahuan dan kemampuan di bidang tersebut.

Poin keempat menjadi PENTING dalam situasi pandemi seperti ini. Karena, perusahaan pasti lebih membutuhkan mereka yang kompeten di bidangnya. Dan berharap tidak membuang-buang waktu serta uang dalam merekrut orang yang tidak berkompeten.

Well, dear. Akhirnya kita sampai pada akhir artikel “Kiat-Kiat Dapat Pekerjaan Baru Saat Pandemi“. Jika kamu merasa mendapatkan insight, manfaat atau ada saran tambahan dalam mendapatkan pekerjaan baru. Bisa sharing di kolom komentar agar bisa dibaca oleh pengunjung lainnya ya dear!

DearAdmin

Content writer at BagivaMedia. Saran, kritik atau business inquiries? Feel free to email us: media.bagiva[at]gmail.com

View all posts by DearAdmin →

One thought on “Kena PHK? Ini Kiat-Kiat Dapat Pekerjaan Baru Saat Pandemi

  1. Artikel yg cukup bermanfaat.
    Sbg tambahan mungkin bs jg tny ke bbrp teman yg masih bekerja apakah ada lowongan di tempat kerjanya agar bs jd referensi. Atau jd freelancer dlu jg bs ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *